Langkau ke kandungan utama

Ilmuwan Berhujah Bahasa Manusia Berasal dari Afrika

Assalamualaikum...

Bahasa kita berasal dari Afrika?


foto 

Para ilmuwan berhujah semua bahasa manusia berasal dari sumber yang sama, setelah menelusuri asal-usul percakapan manusia ke sub-Sahara Afrika sekitar 150 ribu tahun yang lalu.

Menggunakan analisis canggih dari ratusan bahasa, para peneliti berhasil mengesan kembali awal mulanya percakapan manusia ke tempat yang sama dan waktu yang sama.




Mereka sekarang percaya bahasa itu merupakan salah satu alat yang mendukung kemanusiaan dan menyebabkan kolonisasi di seluruh planet ini.

"Kami berfikir bahwa bahasa ini adalah batu loncatan dalam peradaban yang menyebabkan keadaan koordinasi dan kerja sama lebih baik yang mungkin telah membuat kita berkembang," kata Dr Quentin Atkinson, dari Universiti Auckland dan Universiti Oxford.

"Ini juga menyebabkan persaingan yang akan memberikan kita dorongan."

Dr Atkinson menganalisis 504 bahasa untuk melihat berapa banyak fonem - suara tertentu - yang terkandung.

Yang mengejutkan, ia menemukan korelasi langsung antara usia peradaban dan jumlah fonem dalam bahasa.

Jadi sementara banyak bahasa Afrika memiliki lebih dari 100 fonem, bahasa Hawai hanya memiliki 13. Inggris, Perancis dan Jerman memiliki sekitar 45 masing-masing.

Analisis ini, yang menggunakan World Atlas of Language Structure sebagai sumber utama, mendasarkan pada teori bahwa peradaban yang lebih tua telah mengambil lebih beragam bahasa dengan bertambahnya usia mereka dari gen ke bahasa.

Hal ini kemudian digunakan untuk ekstrapolasi kembali asal-usul bahasa ke Afrika.

Ini menunjuk waktu sekitar 150 ribu tahun yang lalu karena ini adalah ketika seni gua - salah satu bentuk awal komunikasi - dimulai.

Diperkirakan bahwa manusia purba meninggalkan Afrika sekitar 80 ribu tahun - dengan membawa beberapa diversifikasi, tetapi tidak semuanya.

Secara umum, wilayah di dunia yang merupakan koloni paling baru menggabungkan lebih sedikit fonem ke dalam bahasa setempat, sedangkan daerah yang merupakan koloni lama selama ribuan tahun masih menggunakan fonem paling banyak, laporan itu menyimpulkan.

"Bukti itu menunjukkan bahwa ada asal usul tunggal bahasa," kata Dr Atkinson. "Saya cukup terkejut."

Penelitian ini disiarkan di jurnal Science.


Terima sudi baca entri ni. Sayang korang.
Anything can happen, that why life is wonderful. Struggle to get what u aim but be sure don't hurt any one. No one you shouldn't hurt their feels!

Catatan popular daripada blog ini

Tips Pakaian Untuk Konvo

Innershine Prun dan Camu-camu: Testimoni Cantik Kulit Berseri

Sedap. Manis-manis masam. Kalau ada rasa kurma, lagi best. Marvellous. Ada orang cakap, masam sedikit. Pada Sha yang tak makan masam langsung, rasa Innershine ini tidaklah masam mana. Sedikit sahaja rasa masamnya, berbanding produk lain yang lagi rasa masam asam jawa (Ladies Collagen). Innershine rasa masam buah camu-camu sahaja. 
Harga pasaran untuk 6 botol RM 28.90 dan untuk 12 botol RM 57.90. Berat satu botol 42 gram. Harga boleh dapat murah, ikut pasaraya. Pandai-pandailah korang pilih. Sha tengok kat Aeon (Jaya Jusco nama lamanya) pada 13 Jun 2014, harga seperti di atas. Tapi Sha tengok kat Big Aeon harganya lebih murah. Pek kecil (6 botol) hanyalah RM26.90 manakala yang besar RM54.90. Murahlah berbanding harga asal.
Perubahan magik yang Innershine Prun dan Camu-camu lakukan kepada diriku:

Hari pertama, minum malam sebelum tidur, tak dapat tidur dan esok paginya, perut membuang, detox kan? Hehe.
Lusanya, minum awal sikit dalam pukul 9 malam. Tidur, ok saja. Perut ok, tak ada…

Petua Tutorial Cara Pakai Contact Lens (Kanta Lekap)